Friday, September 24, 2021
Home Bisnis 10 Metode Tunggakan Online Aman Terpercaya (bermula Pengetahuan)

10 Metode Tunggakan Online Aman Terpercaya (bermula Pengetahuan)

Cara utang online yang tenang desak disampaikan lantaran perkembangan fintech yang menjamur pada Indonesia batin (hati) 3 tahun terakhir, pada samping membawa meluap kecualian, muncul jua aduan bersama unek-unek terkait layanan utang online. Bagaimana kita menjadi pemakai bersikap ? Saya mengulik 10 tips pinjaman online bunga rendah jalan pinjaman online yang damami lalu terpercaya.

Sudah terdapat 166 perusahaan P2P online tercatat legal pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sampai April 2020.

Mungkin andaikan tak karena wabah Covid, ukuran ini hendak lebih melimpah lagi, lantaran mula itu setiap beberapa bulan OJK terus melaporkan puluhan P2P segar.

Saya hirau di musim 2016 hanya terdapat sekitar gelintir P2P lalu itupun belum dikenal rakyat. OJK momen itu modern memancurkan peraturan yang mengoprasikan fintech online.

Tetapi, hanya dalam tempo 3 musim lebih dikit, pinjaman online sudah pernah tumbuh betul-betul dahsyat. Munculah nama – nama, seperti UangTeman.com, Kredit Pintar.com, Julo.com, Akulaku.com, Tunaiku.com.

Tidak cuma di Jakarta, tapi menjamah seluruh Indonesia.

Menawarkan keluaran laksana kapital eksklusif cair 24 arloji, angsuran tanpa bilyet angsuran, utang deras.

Dibawah ini statistik OJK pertanyaan Fintech Lending Pinjaman Online Maret 2020:

Mengagetkan seluruh badan dan percepatan bisnis fintech online yg sangat lebat.

Pertumbuhan deras tersebut disambut positif berjibun golongan apik regulator, pelaku dengan rakyat karena Indonesia memang kerugian sumber pembiayaan.

Butuh cara lain asal usul cicilan aktual, selain berawal forum moneter perbankan dengan forum finansial moneter, dimana P2P dibutuhkan sanggup sebagai lembaga moneter segar yang memanggil cara lain asal usul pembiayaan.

Lihat bahan OJK dibawah ini bahwa Fintech menjangkau, tidak sama sekali pada Jakarta beserta Jawa sama sekali, melainkan juga di luar Jawa. Membantu inklusi finansial !

Tapi, pada antara optimisme tersebut, menyembul berjibun unek-unek pertanyaan perbuatan pinjaman online yang dianggap merugikan, berawal bermula bunga yg bahana tinggi, penyedotan data pribadi yang masif, kuasa yg bukan tembus pandang hingga cara penagihan yg tak kemanusiaan.

Ditambah dan, yang lebih serius, ialah keluarnya banyak sekali pinjaman online ilegal yang tumbuh bagaikan kulat di musim hujan.

Hampir saban hari saya terima kesepakatan lewat SMS, WA, berawal utang ilegal. Tawaran mereka ketara lebih militan lagi iming – iming kecepatan lalu kemudahan mendapatkan cicilan.

Pinjaman online bawah tangan ini betul-betul merugikan lantaran bertindak tanpa disiplin, tanpa etika, tanpa tersinggung izinnya dicabut sang regulator. Ada berjibun masalah pinjol illegal, misalnya, detik mengajukan pinjaman online informasi konsumen pada ponsel diambil tanpa izin, proses permohonan yang meneror beserta lain sebagainya.

OJK bekerja via Satgas Investasi.

Secara teratur Satgas Investasi OJK yg berhubungan bersama forum aturan lain jenguk lalu tutup puluhan tunggakan online bawah tangan.

Persoalannya, teknologi memungkinkan utang diam-diam beroperasi lagi mudah, berganti – pindai bukti, bereplikasi secara deras, tumbuh anyar batin (hati) hitungan hari.

LBH (Lembaga Bantuan Hukum) membukukan banyak perlagaan terkait tunggakan online, sebaliknya semua upaya yang sudah pernah dijalankan.

Apa yang harus dilakukan ? Bagaimana raba tunggakan online terpercaya ?

Menurut aku, dosa satunya, yakni mengedukasi masyarakat.

Masyarakat perlu diberi kesadaran macam mana menentukan pinjol yg damami, menghalangi yg bawah tangan, membangunkan pertanyaan akibat beserta minus.

Kalau masyarakatnya properti literasi yang apik, pinjol diam-diam dengan sendirinya akan lenyap lantaran bukan ada yg mengajukan pinjaman ke sesuatu bawah tangan.

Jadi, kecuali gerakan aturan sejak Satgas Investasi OJK, warga krusial diberikan asupan betapa menyikapi beserta mengelak proposisi tunggakan online.

Apa tips supaya cicilan online pada Fintech damami ? Bagaimana mendeteksi perusahaan utang yang tenang terpercaya ?

1. Perusahaan Terdaftar OJK

Pinjaman online diam-diam bukan terabadikan dan diawasi sang Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga program mereka rentan melampaui kekuatan yang menegangkan proteksi konsumen.

Masalahnya, karena bukan diatur lagi pada regulasi, mereka gratis melakukan apapun, menggunakan semua metode, selagi dagang buat mereka.

Salah satu contohnya ialah suku dekorasi.

Pinjaman kapital bawah tangan menetapkan dekor yg sangat banter beserta merugikan pengutang karena bukan jiplak pembatasan dekorasi sinkron kuasa, temporer fintech P2P yg terdaftar bersama diawasi OJK wajib jiplak batas riasan maksimum yang ditetapkan AFPI (Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia).

Contoh lain, kegiatan penagihan Collection yang diluar batas kegaliban menjadi resiko yg dihadapi konsumen tunggakan harta kekayaan bawah tangan, karena utang online diam-diam tidak jiplak ketentuan pertanyaan protokol teknik ulah permohonan yg pantas.

Sementara, pinjaman online valid wajib taat dalam kaidah kelakuan, tercantum metode permohonan yang wajar dengan beretika, yang andaikan pedoman dilanggar, tanda terabadikan beserta izin Fintech mampu dicabut sang OJK.

Masalahnya, meluap pengutang terbelit dengan segudang iktikad manis pinjaman ilegal lalu iming – iming proses benar-benar mudah, lebat lalu mudah, yang ujungnya memikat kader debitur memungut tunggakan pada perusahaan diam-diam.

Ada beberapa bab yg mampu dilakukan bakal peminjam bagi mencegah utang online diam-diam dengan meminjam bermula utang online yang terpercaya, adalah:

  • Calon pengutang diterima ke situs OJK yg disana diperoleh daftar pinjaman online absah diawasi OJK. Pinjam sama sekali dari lembaga yg tercatat absah di OJK
  • Bisa juga mengecek direktori pinjol legal pada website AFPI yang menaungi seluruh industri P2P terdaftar di OJK
  • Tidak mudah terangsang proposal cicilan yg cendayan, yang gampang, mula meyakinkan maka proposal tadi hadir berawal lembaga legal beserta tak forum ilegal.

2. Transparan

Di masa teknologi bersama fintech, atribut yang ditonjolkan pinjaman online ialah jujur sekon pengajuan tunggakan.

Transparan utang online bisa dicermati, syirik satunya, sejak sebanyak bagian lalu:

a) Kalkulator Pinjaman

Calon pengutang bisa tahu berapa takaran pinjaman, tenor dan berapa cicilan, serta jumlah dekorasi beserta mal yang harus dilunasi, secara cepat lagi mudah berawal pelaksanaan utang online.

Selama ini, berjibun kritikan ke bank atau leasing soal anggaran tersembunyi yang tidak terbongkar pelanggan momen di pagi buta kredit diambil dengan anyar kemudian anggaran – anggaran diketahui selesai tunggakan berjalan-jalan.

Fintech pinjaman online semestinya lebih celangap, lebih tembus pandang, bersama memanfaatkan teknologi lagi aplikasi.

Sebagai contoh, ada sebanyak pelaksanaan utang online menyediakan mesin hitung angsuran, bak contoh diatas sebelumnya beserta dibawah ini:

Melalui mesin hitung ini, badan yang hendak meminjam arta hendak mendeteksi secara pribadi total anggaran berapa, bunganya berapa, tenornya berapa durasi lagi sebagainya.

Calon peminjam detak mencari seleksian tunggakan online perlu cek mana lembaga yang transparan menyebutkan seluruh aspek, teratas pertanyaan dekor beserta devisa, secara gamblang dan clear pada aplikasi mereka.

Transparansi mampu dirasakan calon peminjam momen masuk ke pelaksanaan tunggakan, terlihat mana pelaksanaan yang celangap dengan tampak, mana yang serba angkat kaki dan tidak transparan.

Saya pernah dapat sebanyak pelaksanaan pinjaman online yg tidak mengirimkan kaki latar bersama devisa layanan di dini proses pengutaraan batin (hati) aturan.

Berikut ini adalah contol aplikasi pinjaman online tanpa mesin hitung sehingga tanggung tampak menerangkan berapa jumlah kebajikan pemulangan lalu berapa harta kekayaan yg dicairkan.

Berikut ini contoh lain dari pinjaman online yg tak terdapat mesin hitung di awal denyut penyajian pada aplikasi

Konsumen selayaknya mendeteksi kapital layanan secara transparan dimuka agar mampu menetapkan mau melanjutkan proses atau tidak. Bukan padahal diakhir proses.

Informasi yg semestinya terdapat pada Kalkulator dalam pelaksanaan sekon di pagi buta penyajian tunggakan ialah:

  • Jumlah Pinjaman
  • Jumlah Pencairan
  • Kewajiban Pengembalian
  • Tenor Pinjaman
  • Biaya Layanan (Bunga)
  • Biaya Provisi (seandainya terdapat)

b) Persetujuan “Syarat & Ketentuan” dengan Kebijakan Privasi

Perusahaan yang memberikan pinjaman online beserta terpercaya bakal melakukan selepas itu:

  • menampilkan dokumen “Syarat & Ketentuan” dan “Kebijakan Privasi” dalam pelaksanaan yang gampang diakses dan dibaca sang pengguna
  • mempersilakan persetujuan pengguna bersama-sama “Syarat & Ketentuan” lalu “Kebijakan Privasi”

Kedua akta ini utama lantaran pada dalamnya industri pinjaman menyatakan bagian – bagian yang hendak diakses dari ponsel HP pemakai lagi terkait perizinan serta peraturan dari perusahaan.

3. Layanan Konsumen

OJK telah memutuskan maka perusahaan P2P legal yang diawasi OJK tentu mempunyai layanan pelanggan.

Waktu mengajukan utang, usahakan pilih perusahaan yg menunjukkan tunggakan, yang kepunyaan customer service, fasilitas pemakai yang ketahuan lalu gampang dihubungi. Misalnya, nomor telepon terdapat, dahulu email, seandainya mungkin ada WA dengan tempat tinggal biro.

Pinjaman online dibutuhkan tidak cuma pinjam uang pribadi encer 24 jam tangan, namun juga customer service 24 jam tangan.

Tujuannya, biar andaikan nanti ada buah simalakama, pengutang bisa beserta gampang menghubungi lagi menerima respon cepat.

Layanan pemakai yang kasat mata lalu mudah dihubungi jua sebagai penanda ganggang forum sah lagi ilegal.

Pinjaman aset online bawah tangan lazimnya tak mempunyai fasilitas pemakai. Jelas, mereka bawah tangan, jadi identitasnya mau tak dikenal lagi sebisa mungkin ditutup tutupi.

Jadi, kecuali bagi meringankan hubungan di belakang hari hari, ada tidaknya layanan pemakai menandakan pinjaman tadi asli maupun tidak.

Layanan bukan cuma berarti kontak bagi dihubungi namun juga kelonggaran pemakai mendeteksi dengan cepat status tunggakan yg diajukan.

Konsumen bisa lagi gampang mengecek pada pelaksanaan bertanya macam mana utang yang diajukan, apakah disetujui, masih diproses, ataupun ditolak. Jika masih diproses, sampai mana statusnya.

Saya mengalami aplikasi yg cantik menaruh update secara bersiklus soal status pinjaman. Muncul notifikasi di ponsel soal status tunggakan.

4. Produk Sesuai Kebutuhan

Saya perhatikan meluap diri mengambil lembaran moneter tanpa sintesis karakteristik tunggakan tadi, ternama bertanya tenor dan bunga serta deraan jika terlewat.

Yang diperhatikan sang lebih banyak didominasi pengutang, cuma macam mana selekasnya mungkin sanggup berserah diri doku pencairan.

Pemahaman atas keluaran, awal mengajukan utang online, itu pokok mudah-mudahan ingat apa pun darma sesudah menerima pinjaman lagi, amat penting, apakah lulusan utang yg diambil sesuai bersama keinginan.

Saya rebut sejumlah contoh selepas itu:

  • Peminjam butuh lulusan cicilan, sementara pinjaman yg diambil merupakan payday loan yang tenor pinjaman cuma berarti (maksud) 30 hari. Pasti hendak menimbulkan dilema lantaran keluaran dan keperluan tak sesuai.
  • Ada pengguna butuh memperkaya ikhtiar namun adopsi cicilan online deras encer yang sukatan harta kekayaan utang cilik, bunganya tinggi, yang tak mengena lagi model komersial upaya.

Jadi, sebelum mengajukan, sebaiknya pelajari beserta akurat apakah terbitan tunggakan yg diambil sesuai bersama kebutuhan.

lima. Website dan Aplikasi Aman

Lantaran online maka kekompakan dengan security website dan pelaksanaan menjadi bagian yang pokok.

Pastikan maka tunggakan dilakukan ke situs yang rukun beserta terproteksi bersama secured.

Dalam proses penyajian pinjaman, peminjam bakal diminta memasukkan beberapa data badan yang andaikan dicuri alias berak air bakal benar-benar krisis lantaran bahan orang bisa disalahgunakan yang merugikan pemilik informasi.

Kita sempat mendengar dengan jalan apa perusahaan e-commerce online berskala berpengaruh mengalami kebocoran bukti badan pemakai dalam dosis menonjol. Ancaman itu nyata !

Langkah preventif ialah:

  • Fintech P2P utang online resmi diwajibkan OJK melangsungkan sebanyak langkah security di website beserta database bagi melindungi informasi pemakai, terkandung lolos audit dengan tunjangan profesi ISO teknologi kabar, memastikan maka kebahagiaan fakta pengguna sebagai prioritas utama perusahaan.
  • Peminjam sanggup melihat keamanan situs dari logo gembok ataupun tergembok di kidal bersama-samayg mampu dikatakan kedamaian sejak situs tadi kredibel, dan ini sanggup menjadi indikasi bahwa pelaksanaan utang uang online tersebut aman lalu terpercaya.

6. Pahami Bunga lalu Biaya Pinjaman

Memang tunggakan online menjanjikan kelancangan beserta keringanan, sanggup cair berisi 24 jam, pas lagi modal KTP beserta foto selfie. Hal yg tidak entah ditawarkan oleh bank dan leasing.

Tetapi, ada tetapi-nya, utang online memberikan latar angsuran yang banter beserta dana lain yang berkuasa.

Sesuai kemampuan Asosiasi Fintech, latar tunggakan online dibatasi maksimum 0.8% per hari alias 24% sebulan flat

Buat dosis perbankan yg awam memberikan bunga datar – datar pada 3% per bulan, tentu sama sekali latar dasar dibandingkan pajangan pinjol 24% yang terasa banter.

Di sebelah itu, utang online mengaplikasikan sebagian serpihan biaya, bagus yang dipotong up-front berawal volume pencairan atau deraan keterlambatan yang cukup berpengaruh.

Pesannya yakni detak mau mengajukan cicilan di pinjol, perhatikan benar soal dekor dengan efek biayanya.

apabila sungguh dengan segala pertimbangan, peminjam sadar bersama selesai membayar pajangan lagi biaya tadi, tidak problem, please go ahead.

Yang jadi masalah, andaikan perdana tuntutan bunga yg tinggi sehabis utang dicairkan beserta detak jatuh waktu pelunasan angsuran.

Komplain seragam ini semestinya tak terjadi lantaran saat mengajukan tunggakan, debitur telah ya lalu Syarat lalu Ketentuan, terkandung tingkat dekorasi.

7. Pinjam Sesuai Kemampuan

Jenis utang online awam harta kekayaan tunggakan cilik bagi jangka pendek, jadi lebih layak hajat mendesak menjadi kapital talangan .

Kecepatan beserta dispensasi sebagai ayat yg sebagai perbandingan pokok sekon mengajukan pinjol karena bagi kepentingan yg gawat, yg dilematis dipenuhi andaikan mengajukan ke perbankan ataupun forum finansial lain.

Lantaran bunganya yg tinggi, tunggakan online kurang cocok kepentingan konsumtif alias kepentingan yg tidak gawat yang sedang mampu ditunda.

Penting diperhatikan, saat mengajukan utang adopsi sesuai kemampuan. Karena bagaimana jua dalam saatnya utang wajib dikembalikan, harus dilunasi.

Pinjam sesuai kemampuan bakal membuat:

  • pengutang sanggup melunasi cocok periode dengan tidak harus membayar ganti rugi keterlambatan;
  • tak tertekan melaksanakan usaha ‘keruk lubang menutup lubang’ lagi mengambil utang bersama jatah menutup utang yg termin.

Saya perhatikan bahwa dispensasi beserta kecepatan pengajuan via aplikasi di tunggakan online melahirkan orang mudah terjebak dalam ‘gali lubang menutup lubang’.

Pinjam dengan jatah menuntaskan pinjaman sebelumnya.

Hal ini biasanya terbentuk pada jenis dana talangan lalu takaran plafon utang bukan luar biasa menonjol bersama tempo tenor cepak namun dekor mahal.

Karena prosesnya mudah, maupun sengaja dibentuk gampang, pengutang menentukan utang pertama bagi tutup utang waktu, beserta dilakukan secara lalu menerus.

Ini teknik yg bahaya, jangan melunasi pinjaman bersama pinjaman baru menghalangi tergulung pinjaman.

Cara bagai ini rupanya membuat tagihan deras lunas, tapi kian memperbanyak banyak piutang yang mungkin plus dilematis saya lunasi.

Jadikan menuntaskan angsuran menjadi pengutamaan utama setelah berserah diri bea.

8. Pahami Kontrak Pinjaman

Saya yakin dikit berawal peminjam yg imla persetujuan pinjaman, sementara persetujuan itu penting lantaran sebagai alas hukum terjadinya pinjam meminjam.

Baca lalu awas persetujuan perjanjian yang ditawarkan, bersama ajukan bertanya apabila belum ketahuan.

Jika saya melaksanakan suatu ayat yg melanggar kadar, balasannya yaitu sanksi yg mendatangi. Artinya, jika tak mau sesuai dilema jangan kadang melampaui disiplin yg terdapat.

Kontrak tunggakan mampu bervariasi, sejak bermula yang praktis, merupakan tunggakan kapital tunai jangka tempo cepak, hingga yang layak dilematis tertambat upaya, contohnya, kalau terdapat agunan atau uang muka beserta pengutaraan tunggakan.

Pelajari beserta telaten bersama apik – baik ikatan pinjaman agar tak terdapat masalah di belakang hari hari.

9. Perhatikan Data Pribadi

Penggunaan aplikasi dengan teknologi yg kental manfaat proses lebat berisi utang online, hendak bukan mau, terikat bahan diri.

Salah satu argumen kenapa fintech sanggup memberikan kapital deras beserta hukuman cicilan secara kencang, artinya memasak bukti – data, terdaftar informasi pribadi, yang tersimpan pada aplikasi berbobot ponsel pengutang.

Hal ini pernah mengakibatkan dilema lantaran ternyata, tanpa disadari oleh pengutang, banyak sekali bahan sendiri yg ditarik saat proses pinjaman di pelaksanaan, salah satunya, seluruh hubungan berarti (maksud) HP menempel diambil.

Kontak ini kemudian digunakan bagi permohonan, yg belakang hari meluap menyebabkan aduan lantaran keturunan maupun badan tua peminjam yang bukan ingat menahu pertanyaan utang datang – datang dihubungi sang debt collector melulu karena angka teleponnya terdokumentasikan di ponsel pengutang yang menunggak.

Muncul pula kecemasan maka fakta yang ditarik tersebut mampu digunakan jatah membobok internet banking. Internet banking menggunakan bukti – bahan pada, ponsel.

Agar perkara penarikan informasi diri tidak terulang dengan, yg merugikan pengguna, OJK telah mengeluarkan kekuatan soal limit bukti – fakta yang bisa diambil oleh pinjol detik memproses tunggakan.

Cuplikan bukti diatas, aku ambil berawal dosa satu P2P OJK, yang mempersilakan biar bersama perjanjian pemakai detik akan mengangkat data pribadi.

Pengguna mampu menangkal seandainya merasa tak nyaman dengan penarikan informasi tersebut.

Saat cengang bukti, aplikasi harus membujuk biar pada pemakai.

Perhatikan baik – baik jalan masuk jenis bukti yg diminta.

Jika merasa tidak salam, usahakan jangan memberikan akses, yg itu merupakan proses pengajuan berhenti, tidak sanggup dilanjutkan.

10. Pinjol Tidak Hanya Konsumsi, Tetapi Juga Pinjaman Usaha

Pinjaman online berjibun dipersepsikan sebagai tunggakan royal berbunga mahal.

Bukan pemahaman yg selengkapnya salah karena benar banyak mengajukan pinjaman online ditujukan bagi dana tunai beserta santapan.

Tetapi, sebenarnya, banyak tunggakan P2P online yang memperlihatkan kredit untuk keperluan ikhtiar dan, yang lebih penting, pinjaman ikhtiar mulai P2P ini berjibun men-support rata usaha yg sulit mengajukan ke perbankan.

Selama ini, meluap pedagang, terutama usaha mungil dan menengah yg mengeluh rumit mengajukan kredit ke bank karena berbagai regulasi pada bank yang rigid lalu sendat yang membentuk UMKM problematis sekali mengajukan utang.

P2P fintech online mendeteksi antara ini sebagai oportunitas usaha lalu memperlihatkan agenda tunggakan privat, yaitu:

  • Invoice Financing. Memberikan cicilan cash bersama kualifikasi tagihan (invoice) dari pedagang yg belum cair selama paling tiga bulan lalu cicilan diberikan 80% sd 90% berawal kapasitas debit
  • Kredit Modal Usaha. Kredit jatah memodali operasional industri sehari – hari
  • Kredit Investasi. Pencairan dana angsuran membeli kekayaan pendanaan untuk pelebaran usaha.
  • Kredit Mikro. Plafon dalam dosis mungil pedagang mungil di pedesaan yg memerlukan dana lagi diberikan secara divisi dimana pengembalian secara kepalang renteng (group-lending).

Jadi, andaikan ke tunggakan online tidak belaka soal kredit royal semata, melainkan berjibun golongan utang lain yg untuk ikhtiar dan komersial.

Pinjaman Online Aman

undefined

Kesimpulan

Pertumbuhan pinjaman online yang ramai membentuk banyak yang terperanjat, segenap senang karena menyembul cara lain pembiayaan modern diluar perbankan.

Namun, pada sisi lain, evolusi yg deras ini menimbulkan ekses, terunggul munculnya berjibun pinjaman ilegal yang meresahkan, yang terus menyembul balik (beserta lebat) sedangkan telah ditutup sang Satgas OJK.

Bagaimana supaya warga bisa melakukan pinjaman pada forum yang aman lalu terpercaya ?

Masyarakat perlu di bimbingan, diberikan pemberitahuan, misalnya metode mengetahui utang online yg aman supaya tak tersangkut pada lembaga diam-diam yang merugikan.

Semoga Bermanfaat !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Amal Percetakan Hemat Di Jakarta

 Percetakan Dimensi berkelanjutan berusaha bagi melewati ekspektasi seluruh pelanggan aku lalu menawarkan perbaikan yg memuaskan, teraih dan ekonomis,  keluwesan banter lagi kapasitas lebih. Jasa...

Tips Memilih Jasa Anti Rayap Jakarta dan Sekitarnya

jasa anti rayap jakarta - Sekumpulan rayap yang berada di tempat tinggal akan menimbulkan rasa tidak nyaman bagi penghuninya. Mengatasinya dengan cara...

Tips Memilih Jasa Poles Lantai

Teknisi profesional juga memiliki perkiraan jumlah waktu pemrosesan sehingga proses pemolesan akan berjalan sesuai rencana dan tepat waktu. Untuk Anda yang saat ini sedang...

Contoh template faktur kontraktor Bill Word

Berikut ini contoh invoice yang baik dan benar serta menarik perhatian yang dapat anda gunakan dalam tema maupun format penulisan surat. Terlepas...

Recent Comments